TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 617 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Anggota DPRD Balikpapan Minta Jalan Mulawarman Diperlebar

Ardianto

Tebarberita.id, Balikpapan – Guna mengurai kemacetan yang kian melunjak, Anggota Komisi I DPRD Kota Balikpapan, Ardianto mendorong Pemerintah Provinsi untuk segera melakukan pelebaran di sepanjang Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur.

Ardianto mengatakan, bahwa saat ini Jalan Mulawarman sudah merupakan Jalan Nasional yang sering dilalui. Apalagi dengan hadirnya gerbang tol di wilayah itu, membuat kendaraan lebih memilih jalan tersebut sebagai akses ke berbagai tujuan terutama untuk mengurai kemacetan.

“Di sana itu macet terus. Dari jam pulang-pergi anak sekolah, jam makan siang dan jam-jam pulang-pergi kerja,” kata Ardianto belum lama ini.

Ardianto menjelaskan bahwa sepanjang Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur sebenarnya sudah dilakukan pengukuran kiri dan kanannya.

Bukan hanya itu saja, lanjutnya, tiang-tiang listrik telah dipinggirkan dan bangunan-bangunan Perusahan di Daerah tersebut ikut menyesuaikan.

“Masyarakat sudah tau kok itu ada batas-batasnya, bahkan perusahaan-perusahaan sudah ikut mundur. Jadi harusnya segera dong dilakukan pelebaran kalau memang itu Jalan Nasional,” ungkapnya.

Ardianto menuturkan selain maraknya kendaraan Plat luar Kota, kemacetan terjadi Balikpapan tidak memiliki sarana transportasi Kota yang memadai, sehingga masyarakat lebih banyak memilih menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana.

Akibatnya, situasi Jalan yang minim pembangunan tidak mampu memenuhi mobilitas dan terjadi kemacetan.

“Jalan kita ini tidak mampu memenuhi. Dikarenakan Jalan Balikpapan begitu-gitu saja situasinya,” ucapnya.

Ardianto menambahkan, untuk mengeksekusi pelebaran Jalan Mulawarman pastinya menggunakan biaya yang begitu besar, dan anggaran kota tidak mampu merealisasikan itu. Lagipula, Balikpapan masih memfokuskan keuangannya untuk pembangunan yang lain-lain terlebih dahulu.

“Anggaran kami tidak mampu merealisasikan pelebaran jalan itu. Lagipula, Balikpapan masih perlu
pembangunan yang lain-lain dulu. Jadi Tinggal kami lagi yang menekan ke Provinsi untuk kapan mulai mengeksekusi problem tersebut. Karena kalau tidak, kapan lagi macet di sana bisa segera teratasi,” ujarnya.

Sebagai penyanggah Ibu Kota Nusantara (IKN), Balikpapan merupakan kota mengalami lonjakan penduduk, dan permasalahan yang paling mencolok terlihat saat ini adalah kemacetan. Dan saat ini kemacetan bukan terjadi di satu titik saja, namun terjadi di seluruh jalan protokol di kota Balikpapan, hingga Balikpapan Timur. (Adv)

Related posts

Kinerja Disdukcapil Diapresiasi DPRD

admin

Ketua DPRD Kukar Hadiri Pelantikan Ketua DPRD Kaltim

admin

PJU Belum Merata, Samri: APBD Tak Mampu, Pemkot Perlu Koordinasi Dengan Pemprov

admin