TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 653 kali.
ADVERTORIAL KUTAI TIMUR

Ulur Naga Tandai Puncak FSN 2023 di Pantai Sekerat

Tebarberita.id, Sangatta – Puncak Festival Sekerat Nusantara (FSN) ditandai dengan ritual adat Mengulur Naga di Pendopo Pantai Sekerat, Kecamatan Bengalon, Sabtu (29/7/2023). Bupati Ardiansyah Sulaiman menjadi tamu kehormatan dan langsung disambut oleh masyarakat Sekerat untuk menuju ke pendopo pantai setelah itu dilakukan prosesi adat.

Dari pantauan Pro Kutim, pertama-tama prosesinya pembacaan sejarah Mengulur Naga kemudian Bupati Ardiansyah Sulaiman naik ke atas perahu diikuti dengan Kepala Desa Sekerat Sunan Dhika dan perahu yang kedua oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim Nurullah.

Selanjutnya, kedua perahu diulur untuk menuju ke pantai. Prosesi Mengulur Naga melewati kain kuning. Setelah selesai acara Mengulur Naga, para masyarakat ikut mengambil kain pembungkus perahu naga yang merupakan bagian dari prosesi adat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang mengenakan pakain adat Kutai sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Selanjutnya, ia menambahkan tidak kalah penting kegiatan ini digelar berada di garis pantai berbatasan dengan Selat Makassar.

“Ini luar biasa. Ada daya tarik adat dan budaya, pariwisata dan kuliner. Atas nama Pemerintah Daerah, saya berterima kasih menyampaikan pesan sultan. Ini tantangan Kutim. Ke depan lebih semarak lagi Eraunya. Alhamdulillah kegiatan ini bersanding dengan Dispar dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mampu mengemas dengan baik sehingga menjadi jadi daya tarik tersendiri,” tegasnya.

FSN 2023 yang dirangkai dengan berbagai kegiatan ritual adat dan pertunjukan pentas seni dan budaya dibuka oleh Ardiansyah Sulaiman, Minggu (23/07/2023) malam.

Di malam pembukaan event yang sudah memasuki tahun kedua penyelenggaraan ini, turut dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Danalal Sangatta Letkol laut (P) Sodikin, Wakil Ketua DPRD Arfan beberapa kepala Perangkat Daerah (PD) serta undangan lainnya.

Performance Tarian Nusantara yang dibawakan oleh 25 siswa-siswi, sekolah-sekolah yang berasal dari Kecamatan Bengalon dan tergabung dalam Sanggar Tari Benua Bahari menjadi Sajian Pembuka pada Festival Sekerat Nusantara 2023. (ADV/DISKOMINFO KUTIM)

Related posts

Muhammad Samsun Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di SMAN 2 Samboja

admin

Kecamatan Tenggarong Giat Melatih SDM Pelaku UMKM

admin

Sigit Wibowo Serap Aspirasi Warga Kelandasan Ilir

admin