TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 645 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Suwanto Apresiasi Capaian Perumda Tirta Manuntung

Suwanto

Tebarberita.id, Balikpapan – Ketua Komisi II DPRD Balikpapan, Suwanto memberikan apresiasi terhadap kinerja Perumda Tirta Manuntung. Selain mampu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), perumda juga mampu meraih predikat Wajar tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kaltim.

Suwanto mengatakan, kinerja Perumda Manuntung membaik jika dibandingkan dengan periode sebelumnya yang mengalami defisit hingga Rp3 miliar. Menurutnya kesuksesan itu pada dasarnya sudah jalan sebagai penyalur tenaga kerja di Refinery Development Master Plan (RDMP), sampai juga termasuk dalam hal penyediaan bahan makanan.

“Berdasarkan hasil audit dari BPK RI perwakilan Kaltim, Perumda Manuntung berhasil meraih omset hingga Rp6 miliar,” kata Suwanto, Selasa (11/6/2024).

Sementara itu, Direktur Perumda Manuntung Sukses Kota Balikpapan Andi Sangkuru menjelaskan, sesuai dengan program kerja, sedikitnya 13 bidang usaha yang disasar.

Dikemukakannya saat ini, pihaknya fokus pada 6 bidang usaha. Dan yang fokus pertama adalah tenaga kerja di RDMP, proyek jargas, kepelabuhan, advertising, komoditi pangan dan perdagangan umum.

“Saat ini, ada sekitar 400 tenaga kerja yang disalurkan oleh Perumda Manuntung untuk pengerjaan proyek di RDMP.,” katanya.

Menurutnya dari 400 tenaga kerja tersebut hanya 160 telaga lokal yang dilibatkan. Hal itu disebabkan RDMP memiliki kualifikasi, kemudian skill tertentu, orang Balikpapan belum bisa memenuhi persyaratan tersebut.

“Contohnya seperti tukang las dengan sertifikat 5G, sedangkan di Balikpapan itu rata-rata masih 3G,” ucapnya. (Adv)

Related posts

Dewan Usul Bentuk Ketetapan Bersama Pemprov Agar Tak Ada Saling Lempar Tanggung Jawab Perbaikan Jalan Rusak

admin

DPRD Kaltim Rapat Paripurna ke-23

admin

Berkontribusi, Perumda Diminta Rekrut Karyawan Profesional

admin