TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 644 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

RT Berperan dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak

Parlindungan Sihotang

Tebarberita.id, Balikpapan – Anggota DPRD Balikpapan, Parlindungan Sihotang menegaskan peran ketua RT cukup penting dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2024 mendatang. Peran ketua RT dari pendataan pemilih, persiapan petugas TPS hingga personel Linmas. Untuk itu pemerintah memutuskan untuk tidak melakukan pergantian ketua RT hingga tahapan Pemilu serentak di 2024 selesai.

“Para RT ini ujung tombak sosialisasi program pemerintah di masyarakat. Posisi mereka cukup strategis dalam penyampaian kepada warga. Di Pilkada tentu posisi mereka menjadi perhatian dari para tim sukses,” ujar Parlindungan kepada wartawan, Selasa (18/6/20924).

Parlindungan meminta kepada seluruh RT agar bersiap menghadapi tahapan kegiatan pilkada serentak 2024. Apalagi terkait data pemilih, petugas TPS dan Linmas cukup berpengaruh. Oleh karenanya pemerintah setempat mempertahankan pengurus RT hingga akhir 2024.

“Jadi keberadaan ketua RT yang ada bertahan sampai akhir pemilu dan pilkada serentak. Yang berakhir masa jabatannya maka ditunjuk pengurus sementara hingga akhir 2024,” jelas Parlindungan.

Parlindungan menambahkan, kebijakan perpanjangan jabatan RT dinilainya menjadi langkah yang tepat. Hal itu mengingat pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024.

“Jadi kebijakan ini sesuai dengan aturan yang berlaku. Kondisi saat ini memperbolehkan untuk melakukan perpanjangan masa jabatan Ketua RT hingga enam bulan. Di dalam Perda kita juga ada. Dan kita gunakan pasal itu dulu,” tandasnya. (Adv)

Related posts

Pansus Ketenagalistrikan Jadwalkan ke Kemendagri

admin

Ketua Komisi I DPRD Kaltim Buka Program Literasi Media

admin

Kukar Percepat Reakreditasi Pukesmas dan Rumah Sakit

admin