TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 725 kali.
KALTIM KPU KALTIM POLITIK

Pileg 2024, KPU Kaltim Gelar Uji Publik Penataan Dapil dan Alokasi Kursi

Tebarberita.id, Samarinda – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur menggelar kegiatan Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan Umum dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur Dalam Pemilihan Umum 2024 di Hotel Aston Samarinda, Jumat (20/1/2023).

Ketua KPU Kaltim Rusdiansyah menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan serta meminta tanggapan kepada para Partai Politik (Parpol), Bawaslu serta masyarakat terkait tiga rancangan yang akan disampaikan kepada KPU RI untuk ditetapkan di KPU.

“Plus minus tanggapan yang akan di berikan oleh para pihak itu tentu akan menjadi pertimbangan dan kami tidak akan menilai itu secara menyimpulkan, semua aspirasi yang masuk kita akan sampaikan di KPU RI,” ucapnya.

Selain itu, untuk rancangan terhadap dapil, lanjut dia, KPU Kaltim Memiliki prioritas untuk menggunakan rancangan existing yang mempunyai tujuh prinsip terutama asas kesinambungan guna memperhatikan kesiapan partai politik dalam proses tahapan yang sudah berjalan ini.

“Dan ini memang perlu kami sampaikan kepada masyarakat dan para pihak terkait untuk rancangan existing ini,” jelasnya singkat.

Rusdiansyah menuturkan, terkait pelaksana pemilu di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini masih sama yaitu KPU Kaltim sebagai lembaga pemilunya.

“Disana Masih tidak dibentuk lembaga baru KPU maupun Bawaslu IKN, saat ini masih di tangani oleh KPU Kaltim secara lembaga,” pungkasnya. (NA)

Related posts

Ketua KPU Balikpapan Sebut Ada Potensi Masalah di Pemilu 2024

admin

72 Desa di Paser Bakal Ikuti Pilkades Serentak

admin

Sejumlah Organisasi Mahasiswa Evaluasi Kinerja Polda Kaltim

admin