TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 701 kali.
BERITA UTAMA DPRD KALIMANTAN TIMUR EKONOMI

Ketua Komisi IV dan Dinas Sosial Kaltim Serahkan Bantuan Usaha di Kukar

Akhmed Reza Fachlevi saat menyerahkan bantuan kepada warga di Kota Bangun.

Tebarberita.id, Tenggarong – Untuk terus mendorong kemandirian ekonomi masyarakat, Komisi IV DPRD Katim dan Dinas Sosial Provinsi Kaltim berkolaborasi menjalankan program bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama dan Wanita Rawan Sosial dan Ekonomi (WRSE).

Untuk itu, Kepala Dinas Sosial Kaltim Andi Muhammad Ishak dan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi berkesempatan meyerahkan bantuan kepada kelompok-kelompok tersebut di Desa Liang Ilir Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (21/9/2023).

“Ini merupakan program percepatan penurunan angka kemisikinan sebagai program prioritas, dengan memberikan bantuan kepada kelompok usaha bersama untuk mempercepat mereka hidup mandiri dengan usaha-usaha yang telah mereka kuasai dan jalankan,” kata Andi Muhammad Ishak.

Pun dengan WRSE, ibu-ibu yang tergolong WRSE juga menerima bantuan untuk kemandirian ekonomi dan keluarganya. Menurut Andi Muhammad Ishak, program-program tersebut merupakan program jangka panjang yang akan dijalankan secara berkelanjutan.

Kepala Dinas Sosial Andi Muhammad Ishak saat memberikan penjelasan program Dinas Sosial Kaltim.

“Untuk wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) juga diberikan, terutama kepada ibu-ibu mandiri, perorangan, tidak punya suami, untuk menghidupi keluargaya. Ini sifatnya jangka panjang. Untuk jangka pendeknya sudah ada bantuan dari pemerintah pusat berupa bantuan uang tunai. Sehinga mereka secara perlahan-lahan kehidupannya akan lebih baik. Dengan demikian kalau mereka sudah punya usaha mereka dapat keluar dari garis kemiskinan yang meraka alami,” papar Andi Muhamad Ishak.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi mengatakan sangat menduk program dari Dinas Sosial. Menurutnya, pemberian bantuan berupa sembako melalui kelompok usaha bersama bagi yang kurang mampu merupakan salah satu cara untuk pengentasan dan mengurangi angka kemiskinan di daerah Kaltim.

“Melalui APBD Provinsi Kaltim yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Provinsi Kaltim dan dituangkan dalam pokok pokok pikiran DPRD, program seperti inilah yang selalu ditunggu oleh masyarakat dan bermanfaat secara langsung dalam pengembangan usaha.

Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan terus menerus dan berkelanjutan. Selain itu juga kelompok penerima bisa menjalankan usaha ini dengan sebaik-baiknya,” ungkar pria yang akrab disapa Reza itu menjelaskan.

Reza berharap program bantuan ini dapat diperluas cakupan jenis usahanya agar lebih banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya.

“Saran saya ke depan, mungkin cakupan usahanya bisa lebih luas lagi. Seperti usaha menjahit, UMKM, perbengkelan, multimedia dan lainnya,” kata pejuang politik dari Partai Gerindra itu menyarankan. (*)

Related posts

Mahasiswa Pasca UINSI Samarinda Paparkan Paper di Seminar Internasional

admin

HUT Kaltim ke-66, Gedung B DPRD Sudah Dapat Digunakan

admin

Laporan Pansus, DPRD Kaltim Gelar Rapat Paripurna ke-45

admin