TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 681 kali.
KUTAI KARTANEGARA

Kepala Dispar Kukar Ingin Swasta Investasi di Sektor Pariwisata 

Slamet Hadi Rajaharjo

Tebarberita.id, Tenggarong – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang terkenal dengan banyaknya obyek wisata dan budayanya jika tidak dipertahankan akan terancam. Pembangunan dan pengembangan obyek wisata di Kukar diharapkan  menjadi daya tarik swasta atau investor.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadi Raharjo mengatakan, pengembangan obyek wisata tersebut akan lebih mudah jika ada keterlibatan investor, terutama untuk obyek wisata yang tidak beroperasi.

“Minimnya investor yang mau masuk ke Tenggarong,” kata Slamet Hadi Rajaharjo saat ditemui pewarta, Senin (9/10/2023).

Dilanjutkannya, sejauh ini sudah ada 5 investor yang di antaranya berasal dari luar daerah menyatakan keinginannya untuk berinvestasi. Slamet menyarankan mereka untuk berinvestasi di Pulau Kumala. Namun, sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari investor tersebut.

“Pada saat ketemu pertama dengan investor, mereka semangat sekali, tapi setelah kembali lagi disuruh siapkan dokumennya, konsep pengelolaannya sampai saat ini tidak ada yang kembali,” katanya.

Slamet juga mengungkapkan, keterlibatan investor tentu akan meringankan beban APBD Kukar. Sehingga diperlukan kerja sama antara pemkab dan investor.

“Keuntungan yang didapat, yang pertama untuk pengelolaan dari dispar tidak ada mengeluarkan anggaran APBD, kedua otomatis dengan adanya pihak ketiga (investor) pembangunan dapat berjalan dengan baik, dan yang ketiga, adanya PAD yang masuk ke Pemerintahan Kukar,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Related posts

Pemkab Kukar Gelar Bimbingan Dialog Kinerja dan SKP

admin

Bupati Kukar Luncurkan Gerakan Pangan Murah 

admin

Bupati Kukar Apresiasi Sejumlah Perusahaan Tambang dalam Program PPM

admin