TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 704 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Kembali Terjadi Penundaan Akses Jalan MT Haryono, DPRD Desak DPU Evaluasi Kontraktor

Syukri Wahid

Tebarberita.id, Balikpapan – Dewan angkat bicara terkait penundaan kembali pembukaan akses jalan proyek pengendali banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal di Jalan MT Haryono Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan, tepatnya di depan Global Sports.

“Jika begini, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sebaiknya jangan mempermainkan lagi publik dengan memenuhi permintaan kontraktor. Ini sudah kelewatan, ” ucap Anggota Komisi III DPRD Balikpapan Syukri Wahid kepada awak media, Selasa (14/2/2023).

Syukri mengatakan, adanya informasi penundaan batas waktu berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat. Penundaan pembukaan akses jalan itu sudah kesekian kalinya dan jadi bukti kontraktor tak menjalankan komitmen yang telah disepakati.

“Ini sudah kesekian kali, kami memberikan catatan ke pemkot, kontaktor harus komitmen dengan jadwal dan tahapan-tahapannya, dan dpu harus tegur keras” katanya.

Syukri berharap agar DPU Balikpapan segera megavaluasi kontraktor kenapa tertunda lagi dan alasannya apa. Kalau alasan cuaca, buktinya proyek lain lancar-lancar saja. “Kalau tidak ada teguran keras atau sanksi saya pikir kontraktor akan seenaknya terus begitu,” jelasnya.

Pihaknya bersama Komisi III akan membahas hal ini secara internal untuk menindaklanjuti langkah selanjutnya. Berencana Sidak kembali proyek pengendali banjir DAS Ampal dititik Balikpapan Baru dan Jalan MT Haryono.

“Kami pegang komitmen yang sudah disampaikan, tanggal 20 Februari akses jalan dibuka tapi kenyataannya baru satu ruas yang diuji lalu lintas,” pungkas Syukri.

Sementara itu, Asisten 1 Sekretariat Daerah Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, berdasarkan hasil rapat evaluasi, pihak kontraktor diminta untuk menyanggupi agar jalan di depan Global Sport sudah bisa dipergunakan untuk kendaraan roda dua pada tanggal 17 Februari nanti. Dan akan dibuka satu arah pada tanggal 20 Februari mendatang.

“Jadi tadi, kita minta evaluasi dan kita minta kesanggupan pihak kontraktor, tanggal 20 akan bisa digunakan satu jalur. Jadi sekitar seminggu lagi akan diupayakan untuk buka tutup satu jalur, ” ucapnya. (ADV)

Related posts

Ahmad Sopian Noor: Perlu Kesadaran Masyarakat Tangani Banjir di Samarinda

admin

Dukung Pelayanan Informasi, Pemkab Kutim Gelar Bimtek PPID

admin

Tahap Akhir, Pansus Kelistrikan ke Kemendagri

admin