TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 736 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Dewan Apresiasi Rancangan APBD Samarinda 2024 yang Diajukan Pemkot

Tebarberita.id, Samarinda – DPRD Samarinda menerima rancangan APBD 2024 yang diajukan Pemkot lewat paripurna yang digelar pada 24 Oktober 2023. Dalam rancangan tersebut, Pemkot mematok APBD Samarinda untuk tahun depan mencapai Rp 5,1 triliun.

Wali Kota Samarinda Andi Harun mengaku besaran anggaran pembangunan daerah itu bukanlah hal yang mudah dicapai. Untuk bisa mendapat proyeksi tersebut diperlukan program prioritas pembangunan daerah yang dijalankan secara konsisten. Seperti pengendalian banjir atau peningkatan infrastruktur jalan.

Orang Nomor Wahid di Kota Tepian itu menegaskan, pemkot harus terus bisa memacu kerja untuk pembangunan daerah yang lebih terarah serta bisa memaksimalkan semua potensi agar APBD bisa tumbuh dalam jalur yang positif. “Semua program harus menyasar pada kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Kendati rancangan dengan nilai besar diterima, dewan tetap memberi catatan agar penggunaannya bisa lebih efektif dan efesien. Seperti yang disampaikan Fraksi Demokrat (F-Demokrat) saat menyampaikan pandangannya untuk APBD 2024 tersebut. “Pemkot harus bisa memberikan porsi maksimal untuk sektor pendidikan di daerah yang sampai saat ini masih banyak persoalan,” ungkap Sekretaris F-Demokrat DPRD Samarinda Sri Puji Astusi.

Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru yang setiap tahun berjalan dengan banyaknya kendala masih perlu pembenahan. Lalu, masih banyaknya keluhan orang tua siswa terkait iuran yang memberatkan hingga penguatan kualitas tenaga pendidik. “Tentu hal ini selaras dengan visi yang diusung wali kota untuk menjadikan Samarinda Pusat Peradaban,” tuturnya.

Sementara itu F-Gerindra mengapresiasi keseluruhan isi rancangan APBD 2024. Dari tumbuh suburnya pendapatan asli daerah, penanganan banjir yang terarah, hingga Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya) yang diusung Pemkot cukup efektif menyentuh masyarakat. “Namun pemkot masih perlu mengawal kinerja ini untuk terus konsisten mengingat Samarinda juga akan menjadi salah satu penyangga IKN,” ungkap juru bicara F-Gerindra Fuad Fakhruddin. (ADV/LL)

Related posts

Komisi II Belajar Pengelolaan Perusda ke PT PJU

admin

Tiga OPD Rendah Serapan, Rp1,5 Triliun Jadi Silpa

admin

SMPN 3 Sangatta Utara Siap Laksanakan PPDB Tahun Ajaran 2023/2024 Secara Online

admin