TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 623 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Sarankan Pemkot Tindak Tegas PMKS yang Bandel

Joko Wiratno

Tebarberita.id, Samarinda – Masih maraknya anak jalanan, gelandangan, dan pengemis (anjal-gepeng) di jalan utama se-Samarinda disorot wakil rakyat Kota Tepian. Pemkot disebut DPRD Samarinda perlu mengambil sikap tegas dalam menangani penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) tersebut. “Harus ada sikap tegas,” ungkap Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Joko Wiratno.
Lanjut dia, Pemkot lewat Dinas Sosial (Dissos) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sapol PP) perlu rutin menyisir agar jalan-jalan kota tak melulu dihiasi anjal-gepeng yang terkadang meresahkan pengendara.
Sejauh ini, pemkot memang sudah memberdayakan para PMKS yang diangkut dengan mengedukasi mereka lewat pelatihan keterampilan. Namun, kata Politikus PAN itu, jika PMKS yang sudah mendapat pembelajaran itu kembali ke jalan meminta-minta sebaiknya ada tindakan tegas yang diberikan. “Memang harus ada efek jera. Entah ditahan atau harus menjalankan sanksi sosial,” tuturnya.
Untuk PMKS yang berasal dari daerah lain, Joko meminta pemkot aktif membangun komunikasi dengan pemerintah dari daerah asal PMKS tersebut untuk memproses pemulangan mereka. “Ini memang polemiknya. Meski ada yang sempat dipulangkan ke daerah asal. Masih ada yang memillih balik lagi. Perlu kesepakatan bersama berbagai sektor untuk memastikan hal ini tak terus berulang,” tutupnya. (ADV/LL)

Related posts

DPRD Dukung Perbaikan Aset

admin

Anggota DPRD Balikpapan Usul Perda Pengelolaan Aset Daerah

admin

Porseni IGTKI-PGRI Ke-X, Kutim Raih Juara 1 Lomba Tari Kreasi

admin