TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 645 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Politikus PAN Samarinda Apresiasi Langkah Disdikbud Tambah Kuota Afirmasi

Joko Wiratno

Tebarberita.id, Samarinda – Keputusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Samarinda yang meningkatkan kuota afirmasi di penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2024-2025 diapresiasi Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Joko Wiratno.

Menurutnya kebijakan perluasan yang diambil Disdikbud itu bisa berdampak positif untuk memastikan setiap anak mendapat haknya wajib belajar sembilan tahun. “Aturan mewajibkan minimal 15 persen dari kuota yang ada. Dengan ditambahnya kuota jelas langkah tepat untuk mendorong kebijakan wajib belajar 9 tahun,” tuturnya pada 29 Mei 2024.

Jalur afirmasi merupakan jalur yang diperuntukkan bagi siswa dari keluarga kurang mampu hingga siswa disabilitas agar bisa mendapatkan pendidikan di sekolah negeri. Dengan bertambahnya jumlah kuota, lanjut dia, jelas hal itu akan memberi ruang besar untuk mereka mendapatkan haknya akan pendidikan yang layak.

Di sisi lain, Politikus Partai Amanat Nasional ini mendorong pemkot agar bisa menunjang proses belajar-mengajar siswa dari jalur afirmasi ini lewat beasiswa. “Ini juga untuk menjaga kualitas pendidikan kita agar merata dan setara untuk semua anak didik,” lanjutnya.

Joko berharap Disdikbud bisa terus berbenah dan berinovasi untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tepian. Karena dengan begitu upaya pemerintah dalam mewujudkan semua orang berhak akan pendidikan bisa terwujud. “Pendidikan yang maju dan berkualitas itu untuk semua. Setara dan merata,” katanya mengakhiri. (ADV/LL)

Related posts

Deni Hakim Atensi Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini

admin

Tak Ingin Jadi Penopang, Kutai Kartanegara Harus Jadi Mitra Kerja IKN

admin

Komisi III Minta Pemkot Tindak Tegas Oknum yang memanfaatkan Aset Pemkot

admin