TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 839 kali.
BERITA UTAMA KALTIM PASER SOSIAL BUDAYA

Penerima Kalpataru Sebut Tidak Ada Guru di Dusun Mului

Jidan dan Bupati Paser Fahmi Fadli

Tebarberita.id, Tana Paser – Ketua Masyarakat Hukum Adat (MHA) Dusun Mului Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Jidan yang menerima penghargaan Kalpataru kategori Penyelamatan Lingkungan dari Kemeterian LHK mengatakan, dusunnya, Dusun Mului dalam kondisi serba kekurangan, terutama mengenai pendidikan. Jidan mengaku sangat sedih. Pasalnya, sudah cukup lama tidak ada guru di Desa Mului.

“Karenanya Pak Bupati, dalam beberapa tahun ini anak-anak Mului tidak pernah lagi menerima pendidikan khususnya untuk sekolah dasar. Karena itu, saya mohon dapat menjadi perhatian,” kata Jidan saat bersama Bupati Paser, Fahmi Fadli seperti dikutip paserkab.go.id, Jumat (22/7/2022).

Selain tidak ada guru, Jidan juga menyampaikan kondisi jalan menuju Desa Mului yang tidak layak karena tidak tersentuh pembangunan infrastruktur.

“Setelah saya menerima Kalpataru pak Bupati, saya banyak kedatangan tamu di hotel. Rata-rata para pejabat negara dan aktifis lingkungan akan berkunjungan ke Desa Mului. Karena itu, saya sangat berharap akses jalan ke Mului dapat diperbaiki,” kata Jidan.

Jidan menyebutkan, saat ini warga Mului tercatat sebanyak 32 Kepala Keluarga yang menempati rumah tidak layak huni.  Meski begitu, Jidan yang telah menerima Kalpataru mengaku lebih termotivasi untuk terus berbuat dalam penyelamatan lingkungan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pak Gubernur dan Pak Bupati dan seluruh  jajaran dinas  yang telah berkontribusi dalam upaya  penyelamatan lingkungan sehingga Kalpataru kita dapat,” kata  Jidan.

Menanggapi harapan Jidan, Bupati Fahmi berjanji akan menjadikan perhatian serius tiga  permintaan tersebut.

“Secepatnya pak Jidan akan kami telusuri status jalan karena informasinya adalah jalan exs perusahaan Telaga Mas. Saya juga dapat informasi, kalau akses jalan baik, dikawatirkan perambahan hutan akan terjadi,” kata Bupati.

Sedangkan permohonan tenaga guru, Bupati Fahmi menegaskan akan menjadi perhatian Dinas Pendidikan dan begitupun untuk permohonan bantuan rumah layak huni.

“Tidak itu saja pak Jidan, ada beberapa program di sejumlah dinas akan segera direalisasikan di Mului, diantaranya pembangunan PLTS juga akan segera dilakukan oleh Provinsi,” sebut Fahmi yang berjanji  akan berkunjung ke Dusun Mului. (*)

Related posts

Wali Kota Ziarahi Makam Wali Kota Terdahulu

admin

Perang Saudara di Sudan, Korban Tewas Capai 822 Orang

admin

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim: Ada Sanksi untuk Pengusaha Tak Beri THR Pekerja

admin