TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 749 kali.
ADVERTORIAL DPRD KUTAI KARTANEGARA SOSIAL BUDAYA

Kamrur Zaman Hadiri Pembukaan Festival Erau Adat Benua Tuha

Anggota DPRD Kukar Kamarur Zaman bersama Bupati Kukar Edi Damansyah.

Tebarberita.id, Tenggarong – Pemerintah Desa Sabintulung menggelar Festival Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (10 /9/2022). Tampak hadir Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin.

“Kita ketahui bersama setelah dua tahun terakhir yaitu tahun 2020 dan 2021 baik Upacara Erau Adat Kesultanan Kutai Kartanegara maupun Adat Benua Tuha Desa Sabintulung ini tidak dapat dilaksanakan karena terpaan wabah Pandemi Covid-19, dan tahun ini kembali digelar dengan dikemas dalam sebuah event / Festival Upacara Adat,” kata Damansyah.

“Untuk ltu mari etam terus jaga dan tingkatkan karena melalui seni dan budaya, kita bisa menggerakkan suektor lainnya secara bersarnaan, seperti fotografi, video, fashion, desain grafis, kriya, terlebih kuliner dan subsector lainnya,” ucap Edi Damansyah melanjutkan.

Anggota DPRD Kukar Kamarur Zaman yang juga hadir dalam upacara itu merupakan warga asli muara kaman. Ia mengaku bangga sebagai putra Muara Kaman. Sebab, Muara Kaman merupakan cikal bakal berdirinya kerajaan Kutai Martadipura pada abad ke-4 masehi, kerajaan Hindu pertama dan tertua di Indonesia yang pertama didirikan oleh Kudungga, dengan rajanya yang terkenal yakni Mulawarman.

“Sudah barang tentu adat dan budaya kita asli dengan event Festival Upacara Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung ini bisa kita angkat agar bisa meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara (dunia),” katanya.

Dengan banyaknya kunjungan dan adanya festival dan exspo berkualitas sudah barang tentu ini akan berimbas meningkatnya perekonomian masyarakat yang bisa menjajikan produk khas baik yang tergabung UMKM maupun pertokoan yang di sekitar masyarakat.

“Sialturahmi kita juga bisa terjaga dengan baik, karena kita bisa besinergi dan berkolaborasi berlandaskan hidup bergotong royongan antara masyarakat, pemerintah daerah, kecamatan, desa maupun perusahaan yang beraktivitasi di Muara Kaman ini, kegiatan ini sukses dengan baik,” tandasnya. (ADV)

Related posts

Dukung Pengembangan Pertanian Samarinda, Subandi: Potensi Ada Tapi Minim Perhatian

admin

Ahmad Zulfiansyah: Mulai Berhenti Gunakan Plastik

admin

Wakil Bupati Kukar Akan Perbaiki Jalan Tani Poktan Terpadu Berkat Al-Arsyadi

admin