TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 779 kali.
BERITA UTAMA NASIONAL PEMERINTAHAN

Gaji PNS Naik, Pemerintah Tambah Anggaran Rp52 Triliun

Tebarberita.id, Jakarta – Pemerintah menyiapkan tambahan anggaran sebesar Rp52 triliun yang dialokasikan khusus gaji pegawai negeri sipil, TNI, dan Polri. Hal ini menyusul adanya penyesuaian gaji pegawai negeri sipil, TNI, dan Polri sebesar delapan persen serta gaji pensiunan juga naik 12 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan beberapa dari kementerian/lembaga yang kinerjanya baik biasanya mengusulkan kenaikan dari tunjangan kinerja selain adanya kenaikan gaji.

“Anggarannya (kenaikan gaji PNS, TNI/Polri) berapa? Itu totalnya Rp52 triliun,” ujarnya saat konferensi pers RAPBN 2024 dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024, Rabu (16/7/2023).

Sri Mulyani merinci anggaran itu terdiri dari Rp9,4 triliun khusus kenaikan gaji pegawai negeri sipil pusat. Lalu, sebesar Rp25,8 triliun bagi pegawai negeri sipil daerah, dan sebesar Rp17 triliun bagi para pensiunan.

“Makanya tadi kalau dilihat growth dari kenaikan ASN TNI Polri sebesar delapan persen. Sementara pensiunan karena tidak ada tukin maka kenaikannya lebih tinggi,” ucapnya.

Sri Mulyani menjelaskan, gaji pensiunan yang ditetapkan lebih tinggi sebesar 12 persen karena pensiunan tidak menerima tunjangan kinerja.

“Karena selain kenaikan gaji masing-masing K/L ada tunjangan kinerja dan ada K/L yang kinerjanya baik mengusulkan kenaikan tunjangan kinerja sehingga pertumbuhan gaji ASN, TNI, dan Polri delapan persen, pensiunan karena tidak ada tunjangan kinerja 12 persen,” jelasnya. (*)

Sumber: republika

Related posts

Pilih Gibran, Bukti Prabowo Percaya Generasi Muda

admin

Warga Desa di Kutai Timur Blokir Pintu Masuk Rea Kaltim Group

admin

DKPP Kembali Periksa Bawaslu RI dan Bawaslu Lahat

admin