TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 672 kali.
ADVERTORIAL DPRD BALIKPAPAN

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, DPRD Balikpapan Bahas Perda Insentif untuk Pelaku Usaha

Andi Arief Agung

Tebarberita.id, Balikpapan – Guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kota Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan berencana memberikan insentif kepada swasta atau pelaku usaha. Rencana tersebut masih menunggu rancangan peraturan daerah (ranperda) selesai dibahas di DPRD Balikpapan.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Balikpapan Andi Arief Agung menegaskan, ranperda tentang insentif dan kemudahan berusaha merupakan revisi dari Perda Nomor 11 tahun 2015. Selain itu, juga upaya tindak lanjut dari Undang-Undang Cipta Kerja.

“Ini juga merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang memberikan kemudahan dan insentif bagi pelaku usaha. Ini yang kemudian kita revisi sebagai semangat dari Undang-Undang Cipta Kerja,” kata Andi Arief Agung menjelaskan.

Kepala Bidang Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan Elok Selvia mengatakan, perda tersebut diharapkan dapat merangsang pertumbuhan investasi.

“Bagaimana cara menumbuhkan investasi, harus ada insentif. Harus ada misalnya kalau kita jualan itu diberi diskon, atau kita kasih bonus supaya cenderung jualannya itu lebih laku, sama kita juga seperti itu bagaimana kita mendorong investasi ini bisa terus tumbuh, salah satunya kita beri fasilitas insentif dan kemudahan berusaha,” kata Elok menjawab awak media, Kamis (7/9/2023).

Menurut Elok, insentif yang dimaksud yakni kebijakan fiskal seperti pemberian modal, fasilitasi bunga pinjaman yang rendah, pembebasan pajak, dan pengurangan pajak. Sedangkan kebijakan non fisikal seperti memberikan pelatihan-pelatihan kepada pelaku usaha UMKM lokal. (Adv/DPRD Balikpapan)

Related posts

Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Ingin Kepastian Rekrutmen PPPK

admin

Minimnya PJU Jadi Keluhan Warga Saat Reses Pantun Gultom

admin

Rima Hartati Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Tenggarong

admin