TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 638 kali.
ADVERTORIAL KUTAI KARTANEGARA

Dispar Akan Bangun Rest Area dan Taman di Tugu Equator

Slamet Hadi Raharjo

Tebarberita.id, Tenggarong – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana untuk membangun kawasan rest area dan taman di Kecamatan Marangkayu, berlokasi di Tugu Equator.

Rencana ini merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah tersebut. Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo, mengungkapkan bahwa saat ini, pihaknya sedang melakukan kajian terkait rencana tersebut.

Tugu Equator dipandang memiliki potensi besar sebagai lokasi wisata di Kukar karena letaknya yang strategis, berdekatan dengan Samarinda dan Bontang.

“Sangat berpotensi sekali untuk membangun rest area dan taman. Pelaku ekonomi kreatif juga bisa difungsikan,” ungkap Kepala Dispar Slamet Hadiraharjo, Selasa (31/10/2024).

Selain itu, Dispar Kukar berencana untuk melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berada di Kecamatan Marangkayu, dalam pengembangan kawasan ini.

Lebih lanjut, ia menyatakan akan bekerja sama dengan Pokdarwis untuk merencanakan dan mengembangkan Tugu Equator menjadi destinasi wisata yang menarik.

Sebelumnya, dispar akan mengumpulkan data terkait lahan Tugu Equator terlebih dahulu, agar tidak muncul masalah di kemudian hari.

“Kami akan menelusuri status lahan tersebut, jika memungkinkan, akan kami lanjutkan proses membangun rest area dan taman,” ungkapnya.

Slamet Hadiraharjo juga mengungkapkan bahwa, Dispar Kukar berencana untuk bekerjasama dengan beberapa perusahaan yang berlokasi di Marangkayu untuk melakukan pengembangan kawasan wisata di Tugu Equator.

Beberapa perusahaan tersebut nantinya akan berkontribusi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Ini adalah langkah yang positif dalam mendukung pengembangan pariwisata di Kukar dan diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini,” tandasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Related posts

Taufik Qul Rahman Dukung Komisi III Konsultasui Ke KPK Terkait Pengerjaan Das Ampal

admin

DPRD Minta Pemkot Samarinda Jangan Pilih Kasih Tertibkan Tepian Mahakam

admin

DPRD Kukar Gelar 5 Rapat Paripurna Sekaligus

admin