TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 757 kali.
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Dewan Dukung Pengembangan Wisata Sungai Mahakam

Kamaruddin

Tebarberita.id, Samarinda – Sungai Mahakam sebagai ikon Kota Tepian layak untuk jadi objek wisata. Sehingga DPRD Samarinda pun mendukung upaya pengembangan objek wisata di tepi Mahakam tersebut.

Langkah ini muncul ketika ada wacana pemindahan Pelabuhan Samarinda. Lahan di Jalan Yos Sudarso itu kabarnya akan digunakan jadi lokasi wisata. Walau status kepemilikan masih dikuasai PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), namun ada peluang pengembangan di sana.

Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Kamarudin mengatakan, pengembangan pariwisata di Samarinda wajib didukung. Sebab sejauh ini Ibu Kota Kaltim ini bisa disebut belum minim destinasi wisata. “Makanya jika ada peluang untuk pemanfaatan itu saya rasa bagus saja,” ucap Kamarudin.

Maka ia berharap ada terobosan anyar dari pemkot untuk mengembangan wisata Sungai Mahakam. Jika serius dikembangkan, dampaknya akan memengaruhi kondisi ekonomi secara makro.
“Paling tidak ada gebrakan dan inovasi dengan memanfaatkan Sungai Mahakam,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia mewanti agar Pemkot Samarinda tidak main-main dalam mengelola pariwisata. Menyiapkan berbagai kebutuhan dalam pengelolaan wajib dilakukan. Mulai dari promosi hingga menarik investor di kawasan wisata. “Jadi harus melihat peluang bisnisnya juga. Agar ada penanam modal yang masuk,” tuturnya.

Sebab jika harus mengandalkan APBD Samarinda hal itu sangat tidak mungkin. Sementara pengelolaan objek wisata di tengah kota tentu membutuhkan modal yang besar. Tentu harus berhitung pula dengan kontribusi pendapatan yang akan diraup nantinya. “Makanya perlu juga dipresentasikan kepada investor terkait dunia wisata di Samarinda. Khususnya di sepanjang pinggir Sungai Mahakam,” katanya. (adv/bct)

Related posts

DPRD Kaltim Gelar Rapat Paripurna ke-26

admin

Anggota DPRD Kukar Dukung Pertanian Berbasis Kawasan

admin

Bangga! Kukar Raih Penghargaan Bergengsi Paritrana Award

admin