TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 998 kali.
BISNIS EKONOMI SAMARINDA

Daripada Mencari Kerja, Alumni SMKN 4 Samarinda Ini Pilih Jadi Pengusaha

Dari kiri ke kanan: Arif Rahman Hakim (wirausaha), Robbi Habli (manager penjualan), Rizky Ardiannur (wirausaha), Hendra Wardhana SH (pemilim babershop), Supriyono (manager penjualan), Nugraha Surya (manajeger penjualan), dan Ferdi Septian Adiono SM (wirausaha).

Tebarberita.id, Samarinda – Pemerintah sejak beberapa tahun terkahir terus mendorong agar kaum muda berani untuk berwirausaha, atau membuka lapangan kerja. Sebab, bila dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, Indonesia masih sangat kekurangan entepreneur muda. Tidak banyak keberhasilan kaum muda di daerah dalam berwirausaha yang diketahui masyarakat. Kendati tingkat keberhasilannya masih di daerah, namun semangat dalam berwirausaha patut dicontoh oleh generasi muda lainnya.

Seperti sejumlah anak muda dari alumni SMKN 4 Samarinda, mereka yang merupakan satu angkatan tersebut memutuskan untuk membuka lapangan usahanya sendiri, dari pada mencari pekerjaan. Arif Rahman Hakim (wirausaha), Robbi Habli (manager penjualan), Rizky Ardiannur (wirausaha), Hendra Wardhana SH (pemilim babershop), Supriyono (manager penjualan), Nugraha Surya (manajeger penjualan), dan Ferdi Septian Adiono SM (wirausaha).

Ketujuah orang itu yang merupakan alumnus SMKN 4 Samarinda jurusan penjualan. Mereka yang pada lulus 2010 lalu tersebut memutuskan untuk menjalankan bisnisinya di Kalimantan Timur. Berbekal pengetahuan dari sekolah dan keinginan kuat, mereka kini di usia yang masih muda sudah memiliki dan menjalankan bisnis sendiri.

“Pertemuan ini untuk mengenang masa-masa sekolah dulu, karena sekarang teman-teman ini sudah sibuk mengurus usaha mereka masing-masing. Jadi ini kesempatan langka. Alhamdulillah bisa ngumpul,” kata Rizky Ardiannur yang memiliki usaha ayam potong di sejumlah daerah di Kaltim.

Meski jarang bertemu, Rizky Ardiannur mengaku teman-temannya memiliki semangat dan cita-cita yang sama dengannya, yakni sukses dalam berwirausaha. Ia mengakui, dalam berwirausaha harus memiliki tekad dan semangat yang kuat. Sebab, keberhasilan dalam berwirausaha ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam menekuninya, dan tidak kalah penting mampu melihat peluang. Rizky Ardiannur pun mengajak generasi muda Kalimantan Timur untuk tidak ragu-ragu dan berani memulai usahanya. Terlebih saat ini, kata dia, kemajuan teknologi sangat membantu setiap orang dalam mengembangkan bisnis.

“Jangan ragu untuk memulai usaha, membuka bisnis. Segera dijalankan agar kita segera tahu apa yang sedang terjadi dalam usaha atau bisnis kita. Kenapa? mumpung masih muda segera mulai usaha dengan tidak malu bertanya kepada yang sudah memulainya,” ujar Rizky Ardiannur menyarankan. (*)

Related posts

Posyandu Aisyah Sambutan Segera Beroperasi

admin

Perlu Jalur Khusus Tingkatkan Layanan E-Parking, Laila : Enggak Maksimal Kalau Digabung

admin

KPPU Selidiki Penaikan Tarif Kontainer di Pelabuhan Palaran

admin