TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 1368 kali.
BERITA UTAMA BISNIS EKONOMI SAMARINDA

Perkuat Ekonomi Daerah, Pengusaha Muda di Samarinda Ajak Pemuda Rintis Usaha

Pengusaha muda Samarinda: Dari kanan Deny Arnold, Gusti Rizky Ardian, Verry Arafat, dan Firdaus Yasin.

Tebarberita.id, Samarinda – Kekuatan besar bangsa dan negara ini berada dalam genggaman para pemuda. Sebagai generasi penerus, peran pemuda saat ini sangat penting, tidak hanya dalam urusan politik, tapi sosial dan ekonomi. Negara-negara di seluruh dunia yang diambang resesi saat pandemi Covid-19, kini berlomba bangkit dan tumbuh. Begitu pun Indonesia. Untuk itu, kekuatan ekonomi harus mulai dibangun sebagai pondasi negara untuk masa depan yang kompetitif. Di antaranya dengan mendorong kaum muda gemar menjadi pelaku ekonomi kreatif, menumbuhkan semangat enterprener, wirausahawan, membuka usaha di segala bidang.

Seperti di Samarinda, Kalimantan Timur. Terdapat wirasuhawan muda, Gusti Rizky Ardian.
Menurutnya, dalam mengawali sebuah usaha dimulai dari keinginan dan tekat yang kuat untuk merintisnya. Selain itu, aktif dalam komunitas pengusaha merupakan hal penting. Sebab dari komunitas itu informasi, lingkungan yang berpikir optimistis akan terbentuk. Kemudian wadah berbagi pengalaman dan bertukar pikiran untuk membangun sebuah usaha, agar dapat menjalankan roda usaha dengan baik.

“Jangan lupa juga untuk mencari dan mengumpulkan modal, mencoba usaha sesuai bidang serta belajar dari pengalaman teman yang sudah berwirausaha,” ungkap Gusti yang menjalankan usaha peternakan ayam guna mendukung ketahanan pangan.

Gusti Rizky Ardian (kiri) bersama Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Dr Marjoni Rachman MSi.

Di tengah kesibukannya menjalankan usaha, Gusti tak berhenti mengembangkan wawasannya. Saat ini ia tercatat sebagai mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Menurutnya, pendidikan merupakan penopang usaha, dengan sumber daya manusia yang cukup, seorang pengusaha akan memiliki daya inovasi dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Sementara itu pengusaha kaca dan barbershop Verry Arafat menuturkan, gagal dalam memulai bisnis merupakan hal biasa dalam berwirausaha. Keuntungan kecil yang dihasilkan dari usaha tersebut tidak perlu dianggap remeh. Pasalnya, dari pengalamannya, keuntungan kecil akan menjadikan usaha yang ditekuni menggeliat makin besar.

“Jangan pernah takut gagal dan terus mencoba, usaha pasti ada naik turunnya, apalagi pandemi kemarin usaha saya terkena dampaknya,” jelas Very.

Pun Firdaus Yasin, seorang wirausahawan farmasi ini juga mengatakan, memotivasi diri sendiri merupakan hal penting dalam menjalankan suatu bisnis. Kata dia, banyak muda-mudi saat ini hanya berfokus pada gaji tanpa berinovasi mencari peluang usaha.

“Menjadi pengusaha yang sukses tidak bisa bekerja sendiri, saya merintis usaha apotek ini bersama teman. Jadi bisa bertukar pikiran untuk memajukan usaha ini,” katanya singkat.

Menjadi staf di DPRD Kalimantan Timur tidak menyurutkan niat Deny Arnold. Pengusaha muda ini memberikan penegasan, dalam membangun usaha juga perlu dibarengi dengan membangun relasi. Menurutnya, relasi bermanfaat untuk mencari peluang, tidak hanya untuk peluang pekerjaan, tapi juga peluang usaha.

“ini menjadi hal Positif untuk kita, membangun relasi akan mudah untuk kita mencari suatu pekerjaan, mengajak kerja sama, bahkan membuka usaha bersama,” tandasnya menimpali. (Na)

Related posts

PAN Samarinda Launching Pencalegan Dini, Target tambah keterwakilan di DPRD

admin

Grand Opening Store, Membantu Lapangan Kerja Masyarakat

admin

Perlu Jalur Khusus Tingkatkan Layanan E-Parking, Laila : Enggak Maksimal Kalau Digabung

admin