TebarBerita.ID
      Artikel ini telah dilihat : 849 kali.
PENDIDIKAN SAMARINDA

Menemukan Relevansi Model Belajar Jadi Tugas Guru Penggerak

ebarberita.id, Samarinda – Seiring kemajuan zaman, perkembangan teknologi tak dapat dibendung. Sehingga adaptasi sistem maupun program pembelajaran di sekolah patut terus diupayakan. Tenaga pendidik atau guru dituntut inovatif untuk menggagas medote pembelajaran yang lebih relevan dengan zaman.

“Saat ini guru memiliki tantangan untuk memformulasikan metode belajar yang relevan, yaitu berbasis teknologi. Karena generasi sekarang sudah bergantung dengan teknologi, jadi transfer ilmu, nilai dan karakter harus adaptif,” ungkap Hj. Fathul Jannnah saat menjadi narasumber diskusi ilmiah bertema “Media Pembelajaran pada Era Transformasi Teknologi” di kampus UINSI Samarinda Jalan Abul Hasan, Jum’at, (13/5/2022).

Proses belajar dan mengajar saat ini, menurut Fathul Jannah cenderung mulai meninggalkan metode tatap muka. Sehingga digitalisasi dan teknologi menjadi kecenderungan gaya belajar baru bagi murid. Seperti yang terjadi dua tahun lalu saat  pandemi Covid-19 mulai mewabah, akibatnya kegiatan belajar mengajar bertransformasi ke dunia digital dan teknologi mutakhir. Berbagai perangkat sistem digunakan sebagai sarana belajar, seperti Zoom, Google Classroom, dan WhatsApp.

Sementara itu, keberhasilan transfer pengetahuan kepada murid tidak lepas dari peran guru. Sehingga perlu adanya pengembangan kompetensi untuk menciptakan formula baru. Melalui program pemerintah guru penggerak, diharap pelatihan dan pendidikan dapat mencetuskan tenaga pendidik yang unggul.

“Kecenderungan gaya belajar baru yang mesti diciptakan guru penggerak. Akan diberi pelatihan dan pendidikan selama 9 bulan, dengan ketersediaan fasilitator, instruktur dan pendamping yang profesional,” pungkasnya mengakhiri. (Wah)

Related posts

Tambangnya di Kaltim Tapi CSR Rp500 Miliar untuk Kampus di Jakarta, Ketua Komisi IV Kecewa

admin

Hardiknas 2022, PGRI Bongan Gelar Sejumlah Kegiatan

admin

Pengusaha Muda Rizky Ardian Gelar Akikah

admin